Thursday 24 June 2010

Lomba Cerpen Krakatau Award Diperpanjang

(catatan Abdul Malik dalam FB)

Lomba Cerpen Krakatau Award Diperpanjang
Kamis, 24 Juni 2010 | 06:21 WIB
BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com--Panitia Krakatau Award 2010 memperpanjang waktu penerimaan naskah cerita pendek, guna memberikan kesempatan peserta lain untuk mendaftarkan karyanya sehingga memperbanyak karya cerpen yang masuk.
"Perpanjangan waktu penerimaan guna memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya kepada penulis cerpen lain untuk mengikuti lomba ini," kata Koordinator Krakatau Award 2010, Isbedy Stiawan ZS, mendampingi Ketua Harian Dewan Kesenian Lampung (DKL), Syaiful Irba Tanpaka, di Bandarlampung, Rabu.
Alasan lainnya, lanjut dia, pemenang pertama direncanakan diundang pada Lampung Art Festival (LAF) pada 21-24 Oktober mendatang, yang akan diikuti seluruh Dewan Kesenian se-Indonesia yang diisi dengan seminar dan pergelaran seni.
"Sepuluh cerpen pemenang dan nominasi kami rencanakan diterbitkan ke dalam buku dan diluncurkan saat LAF," jelasnya.
Syaiful menjelaskan, perpanjangan waktu Lomba Penulisan Cerpen memperebutkan Krakatau Award tersebut setelah menemui Ketua Umum DKL Syafariah Widianti.
"Atu Ayi, panggilan akrab Syafariah, menginginkan Krakatau Award 2010 dibarengi dengan LAF, sehingga pemenangnya dimungkinkan bisa diundang. DKL juga berencana menerbitkan naskah pemenang dan nominasi," imbuh dia.
Isbedy Stiawan ZS menjelaskan, hingga kini yang sudah masuk sedikitinya 50 naskah cerpen dan yang sudah terdaftar kali ini lebih banyak dibanding tahun lalu.
"Kalau waktu pelaksanaan diperpanjang dua bulan lagi, kemungkinan naskah yang masuk bisa mencapai 70 naskah lebih," kata Isbedy.
Krakatau Award 2010 akan memberi penghargaan bagi empat cerpen pemenang berupa uang tunai masing-masing Rp2 juta, Rp1,5 juta, Rp1 juta, dan Rp500 ribu.
Selain itu, sebuah piagam dari DKL, dan dewan juri juga akan memilih enam cerpen nominasi nonranking untuk sama-sama dimasukkan ke dalam antologi cerpen pemenang Krakatau Award 2010.
Lomba penulisan cerpen Krakatau Award 2010 bertema "Lampung: Lokal-Global", yaitu cerpen bersandar kepada nilai-nilai adat, seni budaya atau dunia wisata di Lampung. Bagaimana peran lokalitas dalam berhadapan dengan globalisasi yang tak bisa dihindari.
Panjang cerpen maksimal 10 halaman kwarto, diketik 1,5 spasi, font Times New Roman 12. Peserta berusia minimal 17 tahun, dapat mengirimkan maksimal 3 naskah cerpen dan masing-masing naskah rangkap 4.
Naskah dikirim ke Panitia Krakatau Award 2010, Sekretariat Dewan Kesenian Lampung Jalan Gedung Sumpah Pemuda Kompleks PKOR Wayhalim, Bandar Lampung."Pengumuman pemenang akan disampaikan minggu kedua September 2010," tambah Isbedy.
Sumber:
http://oase.kompas.com/read/2010/06/24/06210851/Lomba.Cerpen.Krakatau.Award.Diperpanjang

No comments:

Post a Comment