Friday 14 May 2010

9 PEREMPUAN DALAM SAJAK

Sudah terbit: Buku Antologi 9 Penyair Perempuan Indonesia PEREMPUAN DALAM SAJAK. Kata Pengantar: Maman S Mahayana. Editor: Kurniawan Junaedhie. Penerbit: Kosa Kata Kita, Jakarta. 112 halaman.

Memuat karya: Faradina, Helga Worotitjan, Kwek Li Na, Nona Muchtar, Pratiwi Setyaningrum, Shinta Miranda, Susy Ayu, Tina K, dan Weni Suryandari.

Dalam kata pengantarnya, Maman S Mahayana, kritikus sastra, pengajar FIB-UI dan kini dosen tamu di Hankuk University of Foreign Studies, Seoul al. menyebutkan:

................
Secara kualitatif, puisi-puisi para ibu rumah tangga ini sungguh
mengejutkan. Tema-temanya yang sangat "perempuan" disajikan tidak
sekadar bermain dalam bahasa yang diindah-indahkan, melainkan tetap
dengan memperhatikan keindahan puitik sebagai sarana yang tepat
merepresentasikan semangat perempuan Indonesia dalam menyikapi berbagai problem sosial-budaya yang kerap menempatkan posisi perempuan dalam stigma sebagai kaum marginal, tersisih. Ke-9 penyair yang terhimpun dalam buku ini juga tidak latah terjerumus pada epigonisme tematik yang mengumbar keindahan tubuh sekadar cari sensasi. Dengan begitu, mereka terhindar pula dari bentuk-bentuk ekspresi yang eksplisit dan artifisial. Maka, yang muncul kemudian adalah bahasa perempuan yang jujur pada hati nuraninya yang disampaikan secara metaforis, eksotik, yang tidak jarang juga sangat simbolik. Sebuah kekayaan pengucapan yang khas dan berpribadi.

Saya sungguh berbahagia membaca antologi puisi ini, meski di sanasini
saya kerap gagal menghindari serangkaian keterkejutan.
Betapa pun buku ini telah menegaskan kontribusi penting ke-9
penyairnya bagi perpuisian Indonesia yang beraneka warna, penuh dinamika dengan segenap semangat keindonesiaannya...........

Khusus fesbuker harga Rp. 36.000,- (sdh termasuk ongkir di wilayah P Jawa) dan termasuk tandatangan. Saat ini sudah bisa dipesan melalui inbox para penyairnya.

Beredar di TB Gramedia dll mulai minggu ke-2 bulan Mei 2010.***

sumber: pesan FB dari Kurniawan Junaedhie

No comments:

Post a Comment